Cara Membersihkan Memori Smartphone Android tanpa Aplikasi

Ada beberapa aplikasi android yang bisa digunakan untuk membersihkan memori handphone. Ku juga sempat pakai satu aplikasi yang terbilang lagi booming itu untuk membersihkan memori handphone dari cache yang dihasilkan dari penggunaan aplikasi-aplikasi apalagi hampir setiap saat terhubung dengan internet.

Tapi menurut ku, menggunakan aplikasi pembersih malah kurang efektif. Memori nggak bersih bersih banget. Jadi ku uninstall tuh aplikasi setelah menemukan cara efektif membersihkan memori tanpa aplikasi. Sebenernya ku udah tau cara ini dari lama, tapi nggak sempat-sempat share di blog, so sekarang disempetin. Hehe.

Untuk temen-temen yang mau tahu bagaimana caranya, lets cekidot. Oiya, btw hp ku samsung j5, jadi kalau handphone kita nggak sama bisa disesuaikan aja, ya! Ku yakin nggak beda jauh menu dan langkahnya. Here it is:

1. ke menu setting/pengaturan
Cara Membersihkan Memori Smartphone
Cara Membersihkan Memori Smartphone (pilih setting)


2. pilih applications/aplikasi
Cara Membersihkan Memori Smartphone (pilih applications)



3. pilih application manager/ manajer aplikasi
Cara Membersihkan Memori Smartphone (pilih application manager)


4. Pilih aplikasi mana yang ingin dibersihkan dari cache. Sebagai contoh, ku mau bersihkan instagram.
Cara Membersihkan Memori Smartphone (pilih aplikasi yang ingin dibersihkan)


5. Tap di clear cache/hapus memori.
Jadi kalau clear cache, akan membersihkan memori dari cache selama online tanpa menghapus data.
Cara Membersihkan Memori Smartphone (pilih clear cache)


6. Untuk membersihkan aplikasi lebih dalam, bisa pakai cara ini. Tap Force close/paksa tutup. Tapi langkah ini akan membuat aplikasi (ter-log out) secara otomatis, jadi pastikan kalau kamu ingat username/email dan password, sebelum melakukan langkah ini. Dan jangan lupa back up semua data dari aplikasi yang sekiranya perlu di back up ke memori eksternal. Nah, Untuk aplikasi chat, seperti LINE atau WHATSAPP, pastikan kamu sudah rela menghapus semua chat. Hehe. Tapi kalau nggak mau melakukannya cukup pakai langkah 5.
Cara Membersihkan Memori Smartphone (pilih force close)



7. Jika kamu yakin pada penjelasan langkah 6, tap clear data/hapus data. Daaan..


8. Data dan memori menjadi 0.00B, artinya memori sudah bersih dari aplikasi android.


9. Langkah 4 sampai 8 bisa diulangi lagi untuk aplikasi lainnya. Biasanya aplikasi yang umumnya dipakai yang menguras memori itu ada pada Google Drive, Instagram, Line, Whatsapp, Snapchat, Path, dan Gmail. Jadi kamu bisa bersihkan aplikasi-aplikasi tersebut di handphone kamu.

Aku juga buat video nya, cekidot:

Semoga membantu :)

1 comment: